Penanganan Problem Pengecatan di BODY & PAINT CENTER Nasmoco Purwokerto

Bagi banyak penyanyang mobil originalitas merupakan suatu hal yang mutlak. Yang dimaksud adalah original dari pabrik. Jika salah satu komponen sudah pernah diperbaiki maka value mobil tersebut dianggap turun. Sehingga banyak orang yang mencoba sebisa mungkin untuk mempertahankan originalitas.

Tidak terkecuali untuk cat mobil. Sangat disayangkan sekali jika cat mobil yang merupakan bawaan dari pabrik mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut umumnya adalah akibat dari kecelakaan yang tentu saja tidak diinginkan. Namun terkadang musibah tidak dapat dihindari. Dari pengalaman saya di bengkel, umumnya kerusakan cat diakibatkan oleh factor luar. Sudah berhati-hati dan waspada dalam berkendara tetapi kendaraan lain di sekitar kita yang membuat luka pada mobil kita.


Jika hal itu terjadi, pasti kita akan pergi ke bengkel untuk memperbaikinya. Akan sangat menggangu penampilan jika cacat tersebut dibiarkan bersarang di mobil kita. Hanya saja perlu diperhatikan bengkel yang kita tuju apakah bisa menyediakan jasa perbaikan sesuai dengan keinginan kita. Yang paling mudah adalah mempercayakan perbaikan mobil kita kepada bengkel yang telah ditunjuk oleh pabrikan atau bengkel Authorized.
Mixing Machine
Problem Warna
Penilaian kita terhadap kualitas perbaikan di bengkel body repair adalah hasil akhir pengecatan. Beberapa point yang biasa di pergantikan adalah kesamaan warna panel yang dicat dengan panel lainnya, kehalusan pengecatan, sampai dengan kebersihan eksterior maupun interior mobil. Yang paling diperhatikan adalah kesamaan warna. Di bengkel yang paling berperan dalam hal ini adalah proses color matching.

Sering kita menemukan hasil pengecatan berbeda dengan cat originalnya. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain: pemilihan komponen warna yang salah, cat yang tidak diaduk rata ( toner tidak diduk setiap hari ), atau cara aplikasi yang salah.
Pemilihan komponen yang salah diakibatkan oleh kurangnya informasi mengenai susunan campuran bahan cat. 


Disinilah kelebihan bengkel Nasmoco Purwokerto sebagai Authorized Dealer Toyota dimana PT. Toyota Astra Motor akan memberikan kode warna untuk satu jenis warna tertentu. Disamping itu kami juga memiliki Mixing Machine yang memastikan toner tercampur sempurna sehingga menjaga kualitas cat.

Computerized Color Tinting
Proses pembuatan atau pencampuran cat disebut proses color tinting. Pada proses ini cat dibuatdengan mencampurkan beberapa kompenen penyusun warna dan aditif tertentu. Untuk menghasilkan satu warna seorang teknisi color tinting berpedoman pada kode warna mobil tersebut. Di Body & Paint Center Nasmoco  Purwokerto  kami memiliki data base komponen penyusun warna untuk setiap mobil Toyota. Disamping itu susunan warna untuk setiap mobil yang pernah masuk ke bengkel kami pun kami simpan datanya.
Problem Pada Finishing
Setelah cat diaplikasikan dengan sempurna, masih ada lagi proses yang harus dilalui yaitu finishing/polishing. Beberapa problem yang dapat ditangkap pada proses ini adalah : cat yang kurang mengkilat/gloss, debu di dalam lapisan top coat ataupun pernis yang meleleh.
Standarisasi peralatan yang digunakan, ketrampilan teknisi dan metode aplikasi yang benar merupakan kunci keberhasilan proses ini. Polishing pad (busa poles) yang digunakan memiliki kriterea tertentu dengan batasan umur pemakaian tertentu pula. Compound yang digunakan juga harus sesuai dengan kebutuhan dan cara pemaiakan yang benar.

Itulah sebabnya harga pengecatan yang sesungguhnya tergolong mahal. Selain biaya untuk memnyediakan material berkualitas juga untuk pelatihan teknisi agar dapat mimiliki skill yang memadai untuk mengaplikasikan perlatan dan bahan serta memecahkan persoalan yang muncul.
Konsultasi dan Trouble Shooting
Bagi anda yang memerlukan informasi tambahan atau memmiliki pernmasalahan yang menyangkut pengecatan atau perbaikan body dapat menghubungi kami di :
PT. Nasmoco Purwokerto
Body & Paint Center
Jl. Gerilya Timur 56
Purwokerto
Phone : ( 0281) 634436
Petugas kami akan selalu siap memberikan pelayanan terbaik bagi siapapun yang memerlukan solusi pengecatanmobil.