Teknik Pengelasan Aman dengan Mesin Las CO2 - MIG

Mobil yang beredar saat ini umumnya diproduksi dengan konstruksi body full pressed dimana lekukan body dibuat dengan cara dipress oleh alat yang sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga diperoleh hasil yang diinginkan ( jig ). Bentuk body yang bermacam-macam baik itu yang menyudut maupun yang melengkung bisa langsung jadi dalam sekali cetakkan. Berbeda dengan teknologi zaman dulu yang masih menggunakan semacam dempul untuk membentuk lekukan body.

Bagian-bagian body tersebut dirangkai dengan mesin las yang kebanyakan sudah dikerjakan oleh robot. Contohnya produksi Innova di pabriknya di kawasan industri karawang Jawa Barat. Panel-panel disambung dengan menggunakan las listrik yang dioperasikan tangan-tangan oleh robot. Seolah-olah batang-batang besi memiliki mata dan dapat melihat asaran lasnya tanpa meleset sedikitpun.

Setelah mobil jadi dan beredar dijalan tidak jarang terjadi kerusakan parah pada panel yang sudah merupakan rangkaian menyeluruh. Padahal ada beberapa parts yang penggantinya merupakan bagian parsial. Contohnya Spakboard belakang (Quarter Panel) yang jika mengalami keruskan parah harus diganti.

Proses penggantianya dengan melepas/memotong part yang rusak dan diganti dengan part yang baru. Proses pengelasan kembali dilakukan untuk menyambung plat lama dengan plat baru. Berbagai alat pengelasan saat ini tersedia di bengkel dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Yang paling penting untuk diperhatikan adalah bahwa logam pada temperatur tinggi mudah mengalami oksidasi ( pengeratan ). Oleh sebab itu, Toyota sudah menentukan jenis las yang harus dipakai oleh bengkel resmi Toyota. Kualitas akhir pengelasan akan terlihat beberapa waktu setelah proses pengecatan selesai. Karat akan muncul karena terjadi pengaratan dari bawah lapisan cat.

Pengelasan CO2 MIG
Nasmoco Purwokerto sebagai Body & Paint Center Toyota di Area  Purwokerto  sekitarnya sudah menetapkan bahwa mesin las yang digunakan adalah tipe CO2 – MIG ( Metal Inert Gas ). Mesin las tipe ini yang direkomendasikan oleh Toyota untuk digunakan di bengkel resmi Toyota. Alat ini pula yang menjadi standar saat dilkukan kontes ketrampilan teknisi Toyota.

Kelebihan CO2 – MIG

Pada prinsipnya cara kerja mesin las ini adalah dengan memanfaatkan perbedaan tegangan listrik sehingga timbul busur nyala akibat lompatan Elton dari kawat listrik menuju panle yang akan dilas. Panas yang tibul akan melelehkan kawat pengisi dan memberikan sambungan yang baik pada panel yang diganti.


Kelebihan utama dari mesin las ini adalah penggunaan gas mulia ( Argon,Kripton,Xenon atau Helium). Gas ini akan membentuk semacam perisai ( shield ) yang akan melindungi panel yang dilas dari reaksi dengan oksigen/oksidasi. Seperti diketahui bahwa pada temperature tinggi logam sangat mudah mengalami oksidasi.

Selain itu kemampuan yang menjadi andalan mesin las ini adalah untuk menyambung plat tipis ( 0.6 – 1.2 mm ) tanpa terjadi kerusakan tembus. Umumnya pengelasan plat tipis menyebabkan bagian belakang area pengelasan tertembus panas api sehingga merusak panel. Untuk mencegah panas tembus, maka jumlah panas yang dialirkan harus dijaga pada kondisi tertentu. Dengan control panas ini maka deformasi plat (plat melengkung) akibat pengelasan dapat dihindari.

Alat ini juga didesain agar mudah dioperasikan. Bahkan seorang pemula sekalipun dapat dengan mudah mengoperasikan alat ini. Satu-satunya kelemahan mesin las ini adalah harganya yang cukup mahal. Belum termauk gas mulia yang harus disediakan dan kawat pengisi yang disesuaikan dengan ukuran plat yang akan disambung.


Fasilitas standard

Mesin las ini sudah menjadi standard peralatan bengkel di Nasmoco Group.  Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mobil-mobil Toyota yang semakin tinggi kami metipakan peralatan terbaik dengan operator/teknisi terbaik pula.

Bagi anda yang memerlukan informasi tambahan atau memmiliki permasalahan yang menyangkut pengecatan atau perbaikan body dapat menghubungi kami di :
PT. Nasmoco Purwokerto
Body & Paint Center
Jl. Gerilya Timur 56
Purwokerto
Phone : ( 0281 ) 634436
Petugas kami akan selalu siap memberikan pelayanan terbaik bagi siapapun yang memerlukan solusi pengecatan mobil.