Terowongan Angin Toyota, Tercanggih di Dunia

Ferrari menggunakan fasilitas terowongan angin Toyota untuk mengembangkan mobil balap Formula 1 terbarunya. Ferrarri berambisi mendapatkan keuntungan maksimal dari sisi aerodinamika dan memutuskan memakai fasilitas lain selain miliknya.

Fasilitas yang terletak di Toyota Motorsport Cologne, Jerman itu dipilih karena merupakan salah satu terowongan tercanggih yang ada di dunia saat ini. Karena itulah Ferrari memlih menggunakannya, seperti dikatakan direktur teknis Ferrari, Aldo Costa.

Majalah berbahasa Jerman Speed Week juga mengabarkan bahwa tim Williams juga melakukan proses pengembangan komponen mobil barunya di fasilitas milik Toyota. Padahal Williams punya dua terowongan angin di markasnya di Grove, Inggris. Majalah itu mengungkapkan setidaknya, enam tim lain juga menggunakan fasilitas milik Toyota.

Terowongan angin canggih ini digunakan untuk mendisain mobil-mobil high-peformance agar bisa lebih kencang lagi. Bukan cuma mobil Formula 1 tapi juga NASCAR, hingga Sports Car.
Toyota MotorSport memiliki dua terowongan angin yang canggih karena dilengkapi dengan particle Image Velocimetry (PIV) System dan Computational Fluid Dynamic (CFD).

Untuk mendapatkan hasil maksimal hasil yang di peroleh dari sistem ini harus cepat di interpretasi dan digambarkan secara akurat. Toyota Motorsport melengkapinya dengan pasangan PIV yaitu Computational Fluid Dynamic (CFD) simulation yang secara akurat menghitung dan me-rendered dengan bantuan perangkat lunak Tecplot.
Keunggulan Tecplot adalah membantu para insinyur untuk mensimulasi kondisi real world untuk memaksimalkan optimasi mobil-mobil high peformance.


PIV menggunakan metode optikal untuk menggambarkan aliran udara. Gunanya untuk mengetahui karakter aliran fluida. Meskipun metode ini sudah lama dikenal namun baru akhir-akhir ini berkembang pesat menjadi design tool yang prakts digunakan para insinyur. Ini salah satu teknologi yang mengundang banyak tim balap maupun produsen mobil datang ke Cologne.
Sumber : http://toyota.co.id
;